Home » » Inilah 8 Manfaat Daun Jambu Biji

Inilah 8 Manfaat Daun Jambu Biji

Inilah 8 Manfaat Daun Jambu Biji

Daun jambu biji mungkin yang paling terkenal diantara berbagai macam tanaman dedaunan herbal lainnya. Banyak produsen pada bidang farmasi yang menggunakan ekstrak daun jambu biji untuk mengobati berbagai jenis penyakit. Selain manfaat jambu biji yang dapat kita ambil dari pohonnya, daunnya juga sangat membantu berbagai masalah kesehatan, yang paling terkenal sebagai penyembuhan untuk diare.

Daun jambu biji memang memiliki kandungan berbagai jenis senyawa yang memberikan manfaat untuk kesehatan tubuh, bahkan dapat digunakan dalam perawatan kecantikan.

Manfaat Daun Jambu Untuk Pengobatan

Daun muda dari tanaman jambu biji banyak digunakan dalam pengobatan tradisional di negara-negara tropis. Daun ini mengandung sejumlah zat-zat bermanfaat, termasuk antioksidan seperti vitamin C dan flavonoid seperti quercetin. Minum teh yang terbuat dari rebusan jambu biji dalam air panas, kemungkin bermanfaat untuk mengatasi berbagai masalah kesehatan.

Berikut ini beberapa penelitian mengenai manfaat jambu biji 1), 2) :

1. Mengatasi Diare

Teh daun jambu dapat membantu untuk menghambat berbagai bakteri penyebab diare. Bagi penderita diare, meminum teh ini kemungkinan akan mengalami tinja yang lebih sedikit, nyeri perut berkurang, tinja tidak encer dan pemulihan yang lebih cepat, menurut Drugs.com. Sebuah studi yang diterbitkan dalam “Revista do Instituto de Medicina Tropical de São Paulo” pada tahun 2008 menemukan bahwa ekstrak jambu biji-daun menghambat pertumbuhan bakteri Staphylococcus aureus, yang merupakan penyebab umum diare.

Para peneliti juga menemukan bahwa ekstrak daun jambu biji efektif membunuh jenis bakteri yang dapat menyebabkan infeksi diare. Beberapa studi klinis kecil mendukung manfaat ini dari daun jambu biji, termasuk salah satu yang diterbitkan pada tahun 2000 dalam “Chinese Journal of Integrated Traditional and Western Medicine” di mana subyek yang diberi ekstrak daun jambu biji menjadi pulih lebih cepat dari infeksi diare daripada mereka yang tidak diberi ekstrak, tetapi percobaan yang lebih besar masih diperlukan untuk mengkonfirmasi manfaat ini.

2. Mengontrol Kolesterol

manfaat-daun-jambu-biji
Daun Jambu Biji
Minum teh daun jambu dapat menyebabkan perubahan yang bermanfaat bagi kadar kolesterol dan trigliserida. Dalam sebuah penelitian, peserta yang minum teh daun jambu biji memiliki total kadar kolesterol yang rendah setelah delapan, menurut sebuah artikel yang diterbitkan dalam “Nutrisi & Metabolisme” pada bulan Februari 2010. Percobaan lain telah menunjukkan manfaat yang sama, dengan studi panjang mulai dari empat minggu sampai 12 minggu dan dosis mulai 0,4-1 kilogram per hari, menurut Drugs.com.

3. Mengatasi Diabetes

Beberapa flavonoid dan senyawa lain dalam daun jambu biji dapat membantu menjaga gula darah tetap rendah, setelah memakan makanan yang tinggi karbohidrat. Review pada “Nutrition and Metabolism” merangkum temuan laboratorium dari beberapa penelitian yang menunjukkan bahwa daun jambu biji menghambat beberapa enzim yang berbeda, dengan mengkonversi karbohidrat dalam saluran pencernaan menjadi glukosa, yang berpotensi memperlambat penyerapan ke dalam darah.

Beberapa uji klinis yang dilakukan di Jepang yang mendukung kemungkinan kandungan anti diabetes jambu biji. Laporan ini menunjukkan bahwa minum teh secara teratur membantu glukosa darah menjadi lebih rendah pada subyek dengan diabetes tipe 2, dibandingkan dengan subyek yang sama namun tidak mengkonsumsi teh.

4. Mempengaruhi Kardiovaskuler

Teh daun jambu biji juga dapat berkhasiat bagi kesehatan jantung dan sistem peredaran darah, menurut penelitian laboratorium dan beberapa penelitian kecil klinis. Senyawa dalam daun jamnu biji dapat membantu mengurangi tekanan darah dan detak jantung, menurut sebuah studi laboratorium yang diterbitkan pada tahun 2005 dalam “Methods and Findings in Experimental and Clinical Pharmacology”. Penelitian ini menemukan bahwa hewan yang telah memakan ekstrak daun jambu biji, telah mengurangi tekanan darah dan denyut jantung.

Perawatan Kecantikan dengan Daun Jambu Biji
Perimbangan Khasiat Daun Jambu Biji
Daun jambu biji dapat membantu untuk meningkatkan kualitas kulit dan rambut. Berikut ini beberapa manfaat daun jambu biji untuk perawatan kecantikan 3)
1. Mengobati Jerawat dan Bintik Hitam

Daun jambu biji efektif untuk menghilangkan jerawat dan bintik-bintik hitam pada kulit. Hal ini karena daun jambu biji mengandung antiseptik yang dapat membunuh bakteri yang menyebabkan jerawat. Tumbuk beberapa daun jambu biji dan terapkan pada jerawat dan bintik-bintik gelap. Bilas dengan air setelah beberapa waktu dan lakukan secara teratur.

2. Anti Penuaan

Daun jambu biji mengandung antioksidan yang menghancurkan radikal bebas yang merusak kulit , sehingga akan melindungi kulit dari penuaan, serta meningkatkan warna kulit dan tekstur. Rebusan daun jambu biji matang dapat diterapkan pada kulit untuk mengencangkan kulit.

3. Meredakan Gatal

Gatal kulit dapat menyebabkan masalah serius jika tidak segera diobati. Daun jambu biji merupakan obat instan untuk menyingkirkan gatal karena mengandung alergi memblokir senyawa.

4. Mengobati Rambut Rontok

Untuk menghentikan rambut rontok, rebus segenggam daun jambu biji dalam satu liter air selama sekitar 20 menit. Setelah di dinginkan, terapkan pada kulit kepala, sambil di pijat.

0 komentar:

Posting Komentar